Tuesday 20 March 2012

Cinnamon Roll


Gw taro di 'The Challenge' karena sebenernya.. udah lama banget pengen bikin nih roti... Resep yang ada di download doang.. malah ada yang udah diprint dan nasibnya hanya sampai di 'folder masak' gw :-)

Belakangan ini semangat 'mencoba' sangat tingggiiiiii sekali.. makanya gw coba deh.. padahal gampang bangetttt... Kalo pake Bread Maker ya.. Kalo ngulenin pake tangan.. ngga tahu deh :-D

Resep aslinya gw ambil dari sini.

Resep :

1 Cup (kira2 250 ml) Susu
3 sdm Air
1 Telur, kocok
1/4 Cup Butter (gw pake Blue Band, karena kebetulan Butter lagi habis)
3 1/3 Cups Terigu
3 sdm Gula
3/4 sdt Garam
2 sdt Ragi 

Isinya :
3/4 Cup Brown Sugar (gw pake Palm Sugar - bukan gula merah loh ya)
3 3/4 sdt Kayu Manis
2 sdm Butter (lembut) or Margarine

Glaze : (gw ngga pake karena ngga suka manis banget)
3/4 Cup Gula Bubuk
1/4 sdt Vanilla
2-3 sdt Susu

Caranya :
1. Masukkan Ragi pertama kali, kemudian Terigu dan Gula dan Garam.
2. Lelehkan Butter. Tambahkan kocokan telur, Susu dan Air.
3. Tuang ke dalam Bread Maker (Di atas bahan kering)
4. Setting Bread Maker di 'Dough Only'
5. Kalo adonan nya sudah siap, ulenin dengan sedikit terigu sampai adonan bisa di bentuk dengan mudah.
6. Dengan menggunakan Rolling Pin yang sudah di beri sedikit terigu di permukaannya, rolling hingga berbentuk persegi panjang dengan ketebalan kira-kira 1/4 inch.
7. Olesi permukaannya dengan bahan isian yang telah dicampur hingga rata.
8. Adonan digulung sesuai panjangnya.
9. Potong dengan menggunakan pisau yang tajam. Ketebalan potongan kira-kira 1 inch. letakkan potongan pada loyang yang telah di alas dengan kertas roti.
10. Setelah semua adonan sudah dipotong, tutupi loyang dengan lap bersih dan letakkan di tempat hangat kurang lebih 30 menit. Atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat.
11. Masukkan di oven dengan suhu 350 derajat Fahrenheit atau 175 derajat Celcius (oven gw dalam celcius) Selama 25 menit (waktu ini tidak tepat.. sesuaikan dengan keadaan oven kalian masing2) yang pasti panggang hingga permukaan roti berwarna coklat muda.

Selamat Mencoba!

2 comments:

  1. Mo nyoba bikin ama mami aaah.. Kebetulan punya Bread Maker-nya.. :) Kayaknya cukup gampang nih..hehe... Thanks, Ade... :*

    ReplyDelete
  2. ayoo.. gampang kalo punya mah.. Selamat mencobaaaa...

    ReplyDelete

Thank you!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...