Friday 17 April 2015

RESEP : Adonan Roti Manis by Primarasa


Roti.. Roti.. Roti..
Mungkin karena pernah dijajah Belanda, kebanyakan orang Ambon doyan roti, malah ada yang mending ngga makan nasi daripada ngga makan roti.
Di kulkas pun ngga pernah kosong sama roti tawar, kalaupun kosong rasanya kayak ngga punya makanan walaupun banyak makanan lain.



Sejak punya BreadMaker, seneng banget nyari-nyari resep roti, walaupun sebenernya sudah menemukan yang pas banget.
Belajar emang ngga mengenal umur dan tempat, dimana pun kita berada kita bisa belajar, dan apapun bisa kita pelajari di jaman informasi ini.

Hari ini nyobain "Resep Dasar Adonan Roti Manis"-nya Primarasa.


Resepnya saya ikutin semuanya selain cara pembuatannya, karena saya menggunakan bread maker jadinya saya sesuaikan, memasukan bahan padat terlebih dahulu kemudian semua bahan cairan dimasukkan, dengan setting-an "dough only" dalam 1 jam 30 menit adonan pun siap dibentuk.


hasilnya seperti 2 foto di atas,
Rotinya lebih padat dan lebih ke arah 'cake'.
Kalo makan satupun udah berasa kenyang banget, mungkin karena jumlah mentega, telur dan susu yang membuat tekstur dari roti ini menjadi 'berat'.

************
Ingredients :

500 g Bread Flour
7 g Yeast
100 g Sugar
150 ml Fresh Milk
4 Egg Yolks
1 tsp Salt
120 g Butter/Margarine

Methods (book) :

Combine Flour, Yeast and Sugar in a large bowl. Stir. Make a well in the centre. Add Milk and Egg Yolk. Stir the mixture tail well combined. Turn onto a lightly floured surface and add salt and Butter/Margarine, knead until the dough is smooth and elastic.

Place the dough in the bowl and cover with a cling wrap. Set aside in a warm for 30 minutes or until the dough has almost doubled in size. Punch down the centre of the dough with your fist. Weight and shape as you like.


No comments:

Post a Comment

Thank you!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...