Tuesday 21 April 2015

Imperial Cave, Jenolan Caves


Sydney belakangan ini ujan melulu, forecast hari ini pun hujan sepanjang minggu. Nyaris membatalkan perjalanan ke Jenolan Caves ini. Bangun pagi, matahari bersinar terang. ragu-ragu melirik weather forecast, hujan mulai sekitar jam 2 siang di daerah Jenolan Caves sana.

Kurang lebih 3 jam perjalanan dinikmati dengan pemandangan suasana musim gugur. Warna-warni daun menghiasi indahnya cuaca hari ini.


Tiba di Jenolan Caves jam 11 siang, jadwal tour yang ada jam 11.45 yaitu ke Imperial Cave yang sebelumnya sudah pernah kita kunjungi February lalu. Takut keburu hujan, akhirnya kita ambil tour ke Imperial Cave.

Video udah ada di YouTube, bisa juga klik di sini!





Ada 11 spectacular caves di Jenolan Caves, tersebar di beberapa tempat yang berdekatan. Saat kita beli ticket dijelaskan juga di mana 'meeting point'nya. Jadi jangan sampe salah nunggu ya.. 


 Imperial Cave ini cave pertama yang pernah saya kunjungi, jadi dari mulainya tour hingga akhir tour, ngga henti-hentinya berdecak kagum! Indahnya Crystal yang terbentuk secara alami ngga bisa digambarkan dengan kata-kata. Renovasi dan perawatannya pun patut diacungi jempol. 


Ada beberapa aturan yang terdengar 'mengada-ada', tetapi setelah dijelaskan ternyata alasannya sangat kuat. Misalnya, dilarang membawa makanan, minuman (kecuali air) ke dalam Caves. Ternyata kalo kita sambil makan di dalam gua, remah-remah atau makanan yang terjatuh di dalam gua akan menarik sejumlah binatang untuk masuk ke dalam gua, dan itu bisa merusak kristal-kristal yang ada. Belum lagi kalo minuman soda yang kita bawa tumpah, akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan kristal yang butuh beratus-ratus bahkan ribuan tahun untuk terbentuk.


Bahkan tangan kita pun bisa membawa dampak buruk bagi pertumbuhan Crystal, karena itu ada juga peraturan 'NO TOUCH' bukan hanya larangan tapi juga bisa dikenakan denda ratusan dollar hingga dilarang mengunjungi Jenolan Caves.


  'Jenolan Underground River' ini mengalir melalui Imperial Cave yang ternyata merupakan persediaan air buat kampung-kampung di sekitarnya.


Kedua foto di atas ini letaknya berhadap-hadapan, yang atas mirip kepala buaya yang hendak menyantap 'Bacon' yang ada di foto bagian bawah.

'Crystal Cities'
Kota kecil ini unik sekali, tingginya kira-kira 40-50 cm, ngga kebayang proses apa yang terjadi sehingga bisa menghasilkan seperti ini.


" Lot's Wife "

Tour yang berlangsung selama satu jam, tak terasa udah sampai di penghujung. 

AMAZING!!!!

Video : Klik di sini.

**************
Jenolan Caves
4655 Jenolan Caves Road
Jenolan Caves NSW 2790
Australia

1300 76 33 11 or 02 63593911 (Australia)

+61 2 6359 3911 (International)













2 comments:

  1. Any comments? Silahkan ya...

    ReplyDelete
  2. Entah kenapa sistem comment nya.. kalo yang mo nanya sementara bisa langsung email ke : jadelovelle@gmail.com ya..

    Thank you :-*

    ReplyDelete

Thank you!

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...